RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Pertemuan Ke :
2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2
x 30 menit
Standar Kompetensi :
Atletik
Kompetensi Dasar :
Melaksanakan keterampilan dasar atletik (lari, lompat dan
lempar) melalui modifikasi cabang olahraga atletik.
Modifikasinya, antara lain lari kemudian melompati kardus dan
melakukan estafet dan melakukan lompat jangkit di lingkaran-lingkaran lompat
yang sudah dimodifikasi.
Indikator : Siswa/i dapat melakukan keterampilan dasar atletik (lari, lompat dan lempar) melalui
modifikasi cabang olahraga atletik dengan
baik, serta dapat memahami kerjasama yang baik antar
kelompoknya.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
-
Siswa/i dapat melakukan teknik start, lari dan melompat dengan baik.
-
Siswa/i dapat memahami kerjasama antar tim melalui olahraga atletik
dan semangat kerja keras.
II. MATERI AJAR
-
Lari
gawang modifikasi
-
Lompat
jangkit modifikasi
III. METODE
PEMBELAJARAN
-
Metode Demonstrasi Langsung
IV. LANGKAH
PEMBELAJARAN
- Kegiatan Awal
-
Guru membuka
kelas dengan berdoa
-
Guru
memberikan pemanasan dasar agar terhindar dari cedera.
- Kegiatan Inti
-
Guru mendemonstrasikan terlebih dahulu teknik yang benar
kepada para siswa.
-
Guru menunjukkan teknik-teknik dasar dalam start, lari dan melompat.
-
Siswa mempraktekan demonstrasi teknik yang dilakukan oleh guru
dengan cara siswa/i membagi 2
kelompok untuk estafet serta baris bergantian untuk melakukan lompat jangkit.
C. Penutup
-
Guru memberikan pendinginan / cooling down kepada siswa
setelah berolahraga.
-
Guru membuka sesi tanya jawab kepada
siswa/i.
-
Guru menutup pelajaran dengan diakhiri doa.
V. ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
Alat : Kardus
Tali Rapiah
Sumber Belajar : Buku Aspek-Aspek Dasar
Atletik Dan Kepelatihan
VI. PENILAIAN
1. Tes praktek
berkelompok untuk lari gawang modifikasi dan individu untuk lompat jangkit
modifikasi.
2. Penilaian
praktek :
A= Baik Sekali
B= Baik
C= Cukup
D= Kurang
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
............................................
NIM :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar