A. Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan,
bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak,
keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas
emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan
bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang
direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan
nasional.
Pendidikan sebagai suatu proses
pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga
dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai
pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani,
olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara
sistematis. Pembekalan pengalaman
belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis
yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang
hayat.
Pendidikan memiliki sasaran
pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah
dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami
berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama ini telah terjadi
kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan
dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat
terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta
life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan
kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan
kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan
psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan
nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta
pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan
perkembangan kualitas fisik dan psikis
yang seimbang.
B. Tujuan
Mata pelajaran Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1. Mengembangkan
keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan
olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan
pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan
kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan
landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang
terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5. Mengembangkan
sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan
demokratis
6. Mengembangkan
keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami
konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai
informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan
kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk jenjang SMP / MTs adalah
sebagai berikut.
1.
Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional,
permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif,
atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja,
tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2.
Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika
sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta
aktivitas lainnya
3.
Aktivitas senam meliputi: ketangkasan
sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai,
serta aktivitas lainnya
4.
Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas,
senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5.
Aktivitas air meliputi: permainan di air,
keselamatan air, keterampilan bergerak di air,
dan renang serta aktivitas lainnya
6.
Pendidikan luar kelas, meliputi:
piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7.
Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat,
merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah
dan merawat cidera, mengatur waktu
istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek
tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik , serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan **)
1.3 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri,
keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat
dan peralatan. **)
|
1.4 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri
dengan koordinasi yang baik serta
nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
|
|
2. Mempraktikkan
latihan kebugaran jasmani , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan
daya tahan otot serta nilai disiplin
dan tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan daya
tahan jantung dan paru-paru , serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
3. Mempraktikkan
senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki , serta
nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan
senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab
|
4 Mempraktikkan
senam irama tanpa alat , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan teknik dasar
senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama , serta nilai
disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan teknik dasar
senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama , serta
nilai kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesan
|
5. Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang
gaya dada , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan teknik dasar
gerakan kaki renang gaya dada serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya dada serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar
gerakan kaki, gerakan lengan, dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
6. Mempraktikkan perkemahan dan dasar-dasar
penyelamatan di lingkungan sekolah , dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya***)
|
6.1 Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat
untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktikkan teknik dasar pemasangan
tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolah secara beregu , serta nilai
kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa
6.2 Mempraktikkan penyelamatan
dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerja sama, tanggung jawab dan tenggang
rasa
|
7.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
7.1 Memahami pola makan sehat
7.2 Memahami perlunya
keseimbangan gizi
|
Kelas VII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8. Mempraktikkan teknik dasar permainan dan
olahraga dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
|
8.1 Mempraktikkan teknik dasar
salah satu nomor olahraga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian**)
8.2 Mempraktikkan teknik dasar
salah satu nomor olahraga bola kecil beregu dan perorangan , serta nilai
kerjasama, kejujuran, dan menghormati lawan**)
8.3 Mempraktikkan teknik dasar
perorangan lanjutan atletik , serta nilai disiplin, semangat, sportifitas,
percaya diri dan kejujuran**)
8.4 Mempraktikkan teknik dasar
salah satu permainan dan olahraga perorangan beladiri lanjutan serta nilai kerjasama, kejujuran, percaya
diri dan menghormati lawan**)
|
9. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan
dan keseimbangan serta nilai disiplin
dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan jenis latihan
kecepatan dan kelincahan serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
10. Mempraktikkan
teknik dasar senam lantai dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
10.1 Mempraktikkan teknik dasar
gerak guling depan serta nilai
kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
10.2 Mempraktikkan teknik dasar
guling belakang serta nilai disiplin,
keberanian dan tanggung jawab
|
11. Mempraktikkan
senam irama tanpa alat dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
|
11.1 Mempraktikkan teknik dasar
senam irama tanpa alat gerak mengayun dua lengan mengikuti irama , serta
nilai disiplin, estetika toleransi dan
keluwesan
|
11.2 Mempraktikkan teknik dasar
senam irama tanpa alat dengan
melangkah dan mengayun , serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan
keluwesan
|
|
12. Mempraktikkan
teknik dasar renang gaya bebas , dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
12.1 Mempraktikkan koordinasi
gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
12.2 Mempraktikkan koordinasi gerakan lengan dan
pernapasan renang gaya bebas serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
12.3 Mempraktikkan koordinasi renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
13.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
13.1 Memahami berbagai penyakit
menular seksual (PMS)
13.2 Memahami cara menghindari
penyakit menular seksual
|
Kelas VIII, Semester
1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan teknik dasar
salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar
salah satu permainan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan **)
|
1.4 Mempraktikkan teknik dasar
salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
|
|
2. Mempraktikkan latihan kebugaran dalam
bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya
tahan anggota badan bagian atas dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya
tahan anggauta badan bagian bawah dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
3. Mempraktikkan teknik dasar senam
lantai dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan teknik dasar
senam lantai meroda berdasarkan konsep yang serta nilai kedisiplinan,
keberanian dan tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam
lantai guling lenting serta nilai
kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
4. Mempraktikkan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama menggunakan
tongkat atau simpai dengan gerakan mengayun dan memutar ke berbagai arah serta nilai disiplin, toleransi dan estetika
4.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan
mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak melangkah serta nilai disiplin,toleransi, keluwesan
gerak, dan estetika
|
5. Mempraktikkan
teknik dasar renang gaya bebas dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan teknik dasar
gerakan kaki renang gaya bebas serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar
gerakan lengan renang gaya bebas serta
nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar
pernapasan renang gaya bebas serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
|
6.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
6.1 Mengenal
bahaya seks bebas
6.2 Menolak
budaya seks bebas
|
Kelas VIII, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
7.
Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan mlai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
|
7.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil lanjutan dengan koordinasi
yang baik serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan**)
7.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik serta nilai
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
7.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)
|
|
8. Mempraktikkan
latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan latihan kecepatan dan
kelincahan anggota badan bagian atas serta
nilai disiplin dan tanggung jawab
8.2 Mempraktikkan latihan kecepatan
dan kelincahan anggota badan bagian bawah serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
9. Mempraktikkan
teknik dasar senam lantai dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar gerak
meroda dan guling depan serta nilai
disiplin, keberanian dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar guling depan dan guling lenting serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab.
|
10. Mempraktikkan
senam irama dengan alat dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan variasi
gerakan mengayun ke berbagai arah serta
nilai disiplin, toleransi dan
keluwesan gerak
10.2 Mempraktikkan variasi
gerakan memutar ke berbagai arah serta
nilai disiplin, toleransi dan keluwesan
|
11. Mempraktikkan
teknik dasar renang gaya dada dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
11.1 Mempraktikkan koordinasi teknik
dasar meluncur lanjutan, gerakan kaki dan lengan renang gaya dada dalam jarak
tertentu serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
11.2 Mempraktikkan koordinasi
teknik dasar pernapasan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
12. Mempraktikkan
penjelajahan di sekitar sekolah dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
|
12.1 Mendiskripsikan
perencanaan kegiatan penjelajahan secara sederhana
12.2 Mempraktikkan keterampilan penjelajahan di
sekitar sekolah serta nilai kerjasama,
toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan
lingkungan
|
13.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
13.1 Memahami berbagai penyakit
menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat
13.2 Memahami cara menghindari
penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat
|
Kelas IX, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
1.
Mempraktikkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
konsisten serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan dan bersedia berbagi
tempat dan peralatan**)
|
1.2 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil
lanjutan dengan konsisten serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar
atletik lanjutan serta nilai
toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.4 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan
dengan konsisten serta nilai
keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
|
|
2. Mempraktikkan jenis latihan beban dengan
alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis
latihan yang sesuai dengan kebutuhan
2.2 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan,
daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan
menggunakan alat sederhana serta nilai
semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
|
3. Mempraktikkan rangkaian gerak senam lantai
dengan gerakan yang benar dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan rangkaian
senam lantai tanpa alat serta nilai
percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
3.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam
lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika
|
4. Mempraktikkan
rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat dengan
koordinasi gerak yang baik serta nilai
disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
4.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama
menggunakan alat dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan,
dan estetika
|
5. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya
punggung dan nilai- nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan teknik dasar
gerakan kaki renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya punggung serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan
renang gaya punggung serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
|
6. Mempraktikkan dasar-dasar penjelajahan di
alam bebas dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya***)
|
6.1 Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan
6.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk
memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas serta nilai kerjasama, disiplin,
keselamatan, kebersihan, dan etika
|
7.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
7.1 Memahami berbagai bahaya
kebakaran
7.2 Memahami cara menghindari
bahaya kebakaran
|
Kelas IX, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
8.
Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar
lanjutan dengan tepat dan lancar serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
8.2 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil
lanjutan dengan tepat dan lancar serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
berbagi tempat dan peralatan**)
8.3 Mempraktikkan teknik dasar
atletik lanjutan serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)
8.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah
satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri**)
|
||
9. Mempraktikkan
tes kebugaran jasmani secara sederhana
|
9.1 Mempraktikkan tes kesegaran jasmani secara sederhana
9.2 Menginterpretasi secara sederhana hasil tes
dalam menentukan derajat kebugaran
|
|
10. Mempraktikkan
rangkaian gerak senam dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan rangkaian
senam lantai tanpa alat serta nilai
percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman
10.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan
alat serta nilai percaya diri dan disiplin
|
|
11. Mempraktikkan
senam irama dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
11.1 Mempraktikkan kombinasi
gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan
dan estetika
11.2 Mempraktikkan gerak rangkaian senam irama
menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, toleransi,
keluwesan, dan estetika
|
|
12. Mempraktikkan
kecakapan teknik dasar gaya renang dan
nilaii- nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
12.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur,
gerakan kaki dan lengan, renang gaya bebas dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
12.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur,
gerakan kaki, lengan dan pernapasan, renang gaya bebas dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
|
13. Mempraktikkan
keterampilan dasar penjelajahan, dan penyelamatan aktivitas di alam
bebas dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya***)
|
13.1 Mempraktikkan perencanaan dasar-dasar
kegiatan menjelajah alam bebas serta nilai
kerjasama, toleransi, tolong menolong, pengambilan keputusan dalam kelompok.
13.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
penyelamatan penjelajahan di alam bebas serta nilai kerjasama, toleransi, tolong
menolong, keputusan dalam kelompok
|
|
14.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
14.1 Memahami berbagai bahaya bencana alam
14.2 Memahami cara menghadapi berbagai bencana
alam
|
Keterangan
1.
*) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan
situasi dan kondisi sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan
fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang
dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau
semester 2
2.
Untuk pembinaan peserta didik ynag berminat terhadap
salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan
ekstra kurikuler
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar